APLIKASI ASUPAN GIZI PADA MENU MAKANAN PENDERITA PENYAKIT JANTUNG

Sabtu, 21 Januari 2012

Kemajuan teknologi pada saat ini yang berkembang dengan sangat pesat, khususnya dalam bidang komputer yakni Teknologi Informasi. Teknologi Informasi membuat komputer bukan merupakan hal yang asing bagi manusia dan sudah dijadikan suatu fasilitas yang dapat membantu atau mempermudah segala bentuk kebutuhan manusia akan kebutuhan informasi dan teknologi. Kemampuan komputer untuk mengolah informasi saat ini sudah tidak diragukan lagi, hal ini terlihat dengan banyaknya aplikasi yang dibuat untuk membantu kinerja dan meningkatkan produktifitas suatu badan usaha.

Badan usaha yang penulis pilih adalah Rumah Sakit. Didalam struktur organisasi rumah sakit tentunya mempunyai beberapa bagian/divisi yang saling mendukung antara yang satu dengan yang lainnya. Pada bagian ahli gizi mempunyai tugas menghitung asupan gizi yang harus dikonsumsi pasien, baik rawat inap maupun rawat jalan. Tentunya perhitungan ini dilakukan dengan beberapa tahapan dan juga membutuhkan waktu ekstra. Dengan demikian, peran teknologi informasi sangat diperlukan untuk mendukung kinerja pada bagian ahli gizi tersebut.

Ada beberapa penyakit yang harus diperhatikan dalam perhitungan dan pemberian menu makanan untuk pasien. Salah satunya penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah dan urat-urat darah, sehingga terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat dapat mengakibatkan sebagian sel jantung mati.

Bagi penderita penyakit ini harus menjaga pola makannya untuk menjaga daya tubuhnya. Adapun asupan gizi yang harus diperhatikan adalah makanan yang rendah akan garam, kadar kalori hanya boleh antara 100-700 kalori saja dan masih ada beberapa aturan dalam asupan gizi untuk penderita penyakit ini.

Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk membuat suatu aplikasi yaitu APLIKASI ASUPAN GIZI PADA MENU MAKANAN PENDERITA PENYAKIT JANTUNG .

Agar dapat terarah kepada sasaran yang telah ditentukan, maka penulis memberi batasan masalah yang hanya membahas pembuatan aplikasi asupan gizi pada menu makanan penderita penyakit jantung dengan menggunakan Microsoft Visual Basic.Net.

Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah mempermudah serta mempercepat proses perhitungan nilai asupan gizi yang ideal bagi pasien penderita penyakit jantung dan diharapkan dapat membantu pekerjaan para ahli gizi.

Berikut gambar rancangan aplikasi tersebut :



Pada halaman ini terdapat 2 groupbox, 18 label, 19 textbox, 3 listbox, dan 3 buah button. Listbox pada halam ini berfungsi menampilkan menu makanan dalam sehari setelah tombol hitung dijalankan.

Tombol Hitung berfungsi menghitung segala perhitungan dan menjalankan semua kondisi untuk mendapatkan nilai asupan gizi bagi pasien.

Sedangkan tombol Hapus digunakan untuk menghapus perhitungan dengan cara menghapus isi dari semua textbox yang ada. Serta tombol Keluar digunakan untuk keluar atau menutup aplikasi tersebut.

Halaman hitung asupan adalah halaman inti dari aplikasi ini karena pada halaman ini kita dapat mengitung nilai asupan gizi pasien.

Pada halaman ini user harus mengisi textbox usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan berat badan untuk menghitung nilai total energi yang dibutuhkan. Kemudian pada textbox aktifitas dan SDA ( tingkat stres pasien ) diisi menurut keterangan ( anamese ) yang didapat dari pasien. Sedangkan pada textbox protein, lemak, dan karbohidrat diisi berdasarkan aktifitas dan SDA yg telah diisi sebelumnya serta jumlah dari ketiganya harus 100%. Dan berikut adalah gambar output dari aplikasi asupan gizi tersebut,