skip to main |
skip to sidebar
Bertekad menjadi brand televisi nomor satu di Indonesia, Samsung menggebrak 2011 dengan meluncurkan seri TV LED terbaru yang mengusung konsep smart TV. Merilis tiga seri sekaligus, Samsung mengklaim seri ini sebagai smart TV pertama di Tanah Air.
Samsung menambah rangkaian produknya dengan tiga seri terbaru TV LED dengan konsep smart TV yaitu D8000, D7000 dan D6600. Ketiga seri ini merupakan inovasi terbaru Samsung, yang tahun lalu baru saja merilis rangkaian TV 3D.
Selain mengkombinasikan gaya elegan dan berbagai fitur dari seri sebelumnya, rangkaian smart TV ini diharapkan bisa memberikan pengalaman hiburan baru kepada masyarakat. Seri D8000, D7000 dan D6600 tidak hanya memungkinkan penonton untuk menjelajah internet tapi juga menikmati lebih banyak pilihan hiburan yang terhubung dan dihadirkan melalui aplikasi lengkap.
"Harap dibedakan konsep smart TV dengan internet TV. Selama ini masyarakat masih salah kaprah dengan kata-kata 'smart TV'. Bagi kami, smart TV artinya bukan saja televisi yang terhubung dengan internet, tapi juga bisa menikmati berbagai konten hiburan interaktif. Selain itu smart TV juga bisa menyimpan histori dan preferensi penggunanya, seperti misalnya rekomendasi tayangan," jelas Dicky Derajat selaku Head of Marketing CTV dan AV Samsung Indonesia pada acara peluncuran di Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2011).
Memang, selain menawarkan fitur browser, rangkaian smart TV dari Samsung ini juga memungkinkan pengguna menikmati berbagai layanan dan aplikasi melalui Smart Hub.
Fitur utama yang menjadi keunggulan TV ini di antaranya adalah Search All, di mana pengguna bisa mencari konten yang diinginkan, baik pada TV maupun media yang terkoneksi. Selain itu masih ada Your Video, di mana televisi bisa menghadirkan rekomendasi tayangan berdasarkan histori tontonan mereka.
Melalui smart tv ini pengguna juga bisa mengakses berbagai aplikasi dari Samsung Apps, baik yang berbayar maupun cuma-cuma alias gratis.
Peluncuran televisi pintar ini merupakan inisiatif Samsung dalam menyikapi tren dan kebutuhan masyarakat yang terus mengalami perkembangan. Semakin menjamurnya perangkat pintar, seperti smartphone dan tablet, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat siap menyambut era digital, di mana setiap orang akan terhubung dengan internet.
"Konsumen Indonesia berkembang sangat cepat. Ini bisa dilihat dari penjualan smartphone di Indonesia yang kini sudah mencapai sekira 1,6 juta unit. Generasi muda saat ini tahu benar bagaimana cara menggunakan perangkat pintar," ujar Managing Director Samsung Indonesia Yoo-Young Kim.
Atas dasar itulah, Samsung cukup optimistis dengan pangsa pasar smart TV di Indonesia. Bahkan Samsung cukup percaya diri dengan membidik 70 persen market share TV LED di Indonesia.
Rencananya Samsung akan melepas ketiga seri smart TV ini, April mendatang. Menawarkan banyak ukuran mulai dari 40 inci hingga 60 inci, Samsung membanderol seri smart TV mulai dari Rp16 juta hingga Rp70 juta. Keterangan : Huruf tebal = Argumen, Huruf miring = Penalaran..
SUMBER