Sisi Lain Charles Darwin

Senin, 08 Februari 2010

 

Darwin adalah orang yang jauh dari skandal. Dia adalah orang rumahan dan suami yang baik, meskipun masa mudanya dihabiskan dengan berlayar di kapal Beagle selama lima tahun.
Penjelajahan itu mendorong penemuan teori evolusi, dan terus menjadi kontroversi selama 150 tahun.

Tapi dibalik pandangannya yang hebat itu, Darwin adalah orang yang kakinya sangat bau. Pada usia 12, dia mengatakan dalam suratnya hanya sekali dalam sebulan, membasuh kaki saat di sekolah.

Saat berlayar di kapal Beagle, dia orang yang tidak tahan mabuk laut. Itulah alasannya mengapa dia banyak meluangkan waktu di darat. Tapi akibat hal itu, dia malah lebih banyak mengumpulkan data penting.

Darwin juga pernah hampir ketinggalan kapal yang akan membawanya ke kepulauan Galapagos. Padahal pulau itu tempat dimana dia menemukan bukti evolusi dan mengetahui bagaimana terjadinya yaitu melalui seleksi alam.
Bapak evolusi ini juga orang yang sering gugup. Dia menunda publikasi Origin of Species lebih dari dua dekade meskipun sudah yakin dengan teorinya. Darwin takut dengan komentar yang akan di dapat.

Pada 1850-an Darwin dan ilmuwan Inggris lain Alfred Russel Wallace memiliki teori hampir sama. Hal ini memacu Darwin untuk menyelesaikaan On the Origin of Species. Ilmuwan di Linnean Society of London menyelesaikan siapa yang lebih dulu menemukan dengan menyuruh kedua orang ini bekerjasama pada Juli 1858.
Darwin akhirnya mendapat pengakuan sebagai penemu teori evolusi karena mengerjakannya secara lebih detail